Sebenarnya untuk memperoleh backlink bukan perkara yang sulit. Caranya sederhana dan mudah diikuti.
Berikut ini beberapa cara untuk memperoleh backlink dari blog lain.
1. Blogwalking
Rajin-rajinlah berkunjung ke blog-blog yang sudah populer. Tinggalkan komentar yang berkesan. Jalinlah persahabatan dengan blogger-blogger senior. Berilah komentar yang jujur dan bermutu, sehingga pemilik blog akan menyukai anda. Tunjukkan bahwa kamu benar-benar ingin menjalin pertemanan dengan pemilik blog. Katakan bahwa blog kamu mempunyai kesamaan dengan blognya. Kalau kamu sudah dapat diterima dengan baik, mintalah pemilik blog mengaitkan link ke blog anda. Biasanya blog-blog populer menyediakan fasilitas tukar link.
2. Berkomentar di blog
Banyak blog-blog populer menganut dofollow, maka orang-orang yang komentar dapat langsung mendapat backlink dari komentar yang dia berikan. Kalau blog seperti ini anda tidak perlu susah-susah meminta backlink, tapi cukup mengisi komentar kamu otomatis akan mendapat backlink ke blog kamu.
3. Ikut diskusi di forum
Banyak forum yang menyediakan fasilitas signature. Dimana anda bisa memgirim artikel yang anda mau sesuai dengan artikel di blog anda, selanjutnya anda dapat meletakkan link ke blog anda sesuai dengan artikel yang terkait.
Nah jika anda ada tips yang lain, silahkan tambahkan dalam komentar.